BUMDes Development Serive




Untuk mendorong Badan Usaha Milik Desa menuju BUMDes yang Feasible ( layak ) baik di bidang keuangan / usaha maupun dalam memberikan kontribusi terhadap pembangunan desa atau Indeks Desa Membangun ( IDM ) baik di bidang ketahanan Ekonomi, Ekologi dan Sosial. Maka Biizaa bekerjasama dengan pemerintah daerah maupun desa dengan membuat program BUMDes Development Service. BUMDes Developement Service adalah sebuah layanan pengebangan BUMDes ( Badan Usaha Milik Desa ) yang menyediakan layanan pengembangan diantaranya sebagai berikut:

  1. BUMDes Knowledge Base, yaitu database pengetahuan dan ketrampilan untuk mendukung pengetahuan dan ketrampilan baik pengelola BUMDes, Pembina ( Kepala Desa dan Pengawas BUMDes sekaligus masyarakat yang memiliki ketertarikan untuk memperoleh pengetahuan dan ketrampilan di bidang manajemen Badan Usaha Milik Desa.
  2. BUMDes Tools Service yaitu database file baik berupa template atau form untuk kepentingan administrasi BUMDes, seperti form laporan keuangan, form berita acara musdes pendirian Badan Usaha Milik Desa, Form laporan dan lain lain yang berkaitan dalam pengembangan Badan Usaha Milik Desa. Selain form juga disediakan aplikasi aplikasi yang berkaitan dengan Badan Usaha Milik Desa, seperti Aplikasi Akuntansi, Aplikasi Kasir, Aplikasi Pemasaran dan lain lain yang dibutuhkan dalam pengelolaan Badan Usaha Milik Desa.
  3. BUMDes Coaching Service yaitu pendampinan manajemen BUMDes apabila diperlukan untuk melayani hal hal yang bersifat khusus dan kasuistis, seperti mendesain perkiraan akuntansi BUMDes, menyelesaikan masalah masalah khusus yang harus dihadapi dengan tatap muka baik terhadap pengelola, pembina maupun kepada pengawas untuk menyelesaikan hal hal yang harus ditangani dengan pertemuan, pendampingan dan arahan.
  4. BUMDes Marketing Service, yaitu pendampingan dalam pemasaran produk produk bumdes, maupun mengelola ekonomi yang berdampak pada desa dengan membangun market linkage atau jaringan pemasaran baik pada konsumen masyarakat des, konsumen pengguna langsung ( B2C ), konsumen industri atau B2B ( Business To Business ) dan B2G ( Business To Goverment ) bisnis dengan pemerintahan baik pemerintah desa, daerah / daerah lain, maupun dengan pemerintah pusat dan pasar internasional.

4 Layanan tersebut yang akan bisa digunakan untuk mendorong Badan Usaha Milik Desa berkembang menuju feasible dan bertumbuh kembang ( scalable ) baik dalam bisnis maupun dalam berkontribusi terhadap pembangunan desa ( meningkatkan IDM ).

Untuk menjadi peserta BUMDes Development Service Badan Usaha Milik Desa, melalui Dinas Pemberdayaan Desa dapat mengadakan permohonan kepada Biizaa BUMDes Development Service untuk mendapatkan layanan tersebut. Layanan tersebut bukan untuk kepentingan komersial ( perdagangan / bisnis ) tetapi untuk membangun dan mendorong BUMDes di Seluruh Indonesia. Dan kegiatan ini dibiayai dari sumbangan / donatur untuk transportasi maupun pembangunan sistem BUMDes Development Service.




Bagikan manfaatkanya..
The short URL of the present article is: https://bumdes.biizaa.com/PvK8A