Download | Contoh Neraca Akuntansi BUMDes Dan Membaca Dana Diperoleh Darimana?

Akuntansi adalah bahasa bisnis dalam BUMDes. Neraca BUMDes merupakan salah satu jenis laporan yang menyatakan posisi keuangan suatu BUDMes dana diperoleh darimana, digunakan untuk apa dan menghasilkan apa, rugi atau laba. Dengan akuntansi BUMDes maka bisa dijelaskan atau divisualisasikan keuangannya sehingga mengurangi masalah kecemburuan atau pemikiran negatif dalam masyarakat.




Berikut biizaa telah melampirkan sebuah neraca bumdes yang dapat digunakan untuk membaca posisi keuangan bumdes, diantaranya adalah untuk melihat dana diperoleh darimana, sehingga dapat dilaporkan baik kepada pengawas, pembina dan masyarakat serta musdes ( musyawarah desa ) oleh Badan Permusyarataan Desa ( BPD ).

Gambar di bawah memperlihatkan tentang sebuah Badan Usaha Milik Desa, dana nya diperoleh darimana:

Gambar tersebut di atas menunjukan bahwa Modal BUMDes diperoleh dari 3 sumber dana atau dana diperoleh darimana, yaitu dari:



  1. Dana pembiayaan atau investasi dari desa.
  2. Dari masyarakat menyetorkan modal untuk investasi di BUMDes.
  3. Dari Pihak ketiga yang investasi, biasanya dalam bentuk barang berupa mesin atau kerjasama usaha.

Dengan memiliki laporan keuangan diantaranya adalah neraca, maka akan jelas darimana dana diperoleh oleh Badan Usaha Milik Desa ( BUMDes ). Begitu jumlah yang diperoleh. Untuk masyarakat dapat dirinci pula dalam setiap orang investari berapa dalam akuntansi, sehingga memudahkan ke depannya untuk membagi laba / deviden BUMDes.

Untuk contoh lengkap neraca bumdes silahkan download neraca di bawah ini:

  1. Contoh Neraca Saldo Akuntansi BUMDes.

Untuk konsultasi bagaimana cara membuat laporan neraca, bisa menghubungi layanan kami melalui WA 085645524839 dengan cara ketik AKUNTANSI BUMDES dan kirimkan ke nomor WA tersebut.




1307
Bagikan manfaatkanya..
The short URL of the present article is: https://bumdes.biizaa.com/XMpZj

2 Replies to “Download | Contoh Neraca Akuntansi BUMDes Dan Membaca Dana Diperoleh Darimana?”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *