Bagan Akun dalam Akuntansi BUMDes Bidang Jasa.

Hal yang paling penting dalam akuntansi Badan Usaha Milik Desa atau BUMDes adalah menyusun Bagan Akun atau yang disebut dengan COA ( Charts Of Account ) sehingga hasil laporan keuangan BUMDes dapat dikelompokan atau diklasifikasi sesuai dengan kebutuhan informasi keuangan Badan Usaha Milik Desa atau BUMDes. Sebagai contoh adalah mengetahui berapa kas, piutang, hutang dan lain lain, ini tergantung dari bagaimana menyusun Bagan Akun atau Charts Of Account.




Apa yang dimaksud dengan Bagan Akun atau Chart Of Account dalam Badan Usaha Milik Desa atau BUMDes?

Bagan Akun atau COA ( Charts Of Account ) adalah sebuah daftar dari akun akun atau perkiraan perkiraan yang digunakan untuk memperlancar pencatan ( jurnal ) dan laporan akhir yang dibutuhkan dalam Badan Usaha Milik Desa atau BUMDes. Daftar akun tersebut yang digunakan untuk dipilih dalam menjurnal sebuah transaksi dan akhirnya akan menyusun laporan sesuai dengan bagan akun tersebut.

Apa manfaat dari Bagan Akun atau Chart Of Account dalam Akuntansi Badan Usaha Milik Desa atau BUMDes?

Yang pertama adalah mengelompokan baik kelas akun, grup akun dan akun itu sendiri, sebagai contoh kelas harta, maka akan dibagi menjadi harta lancar dan harta tetap dalam sebuah grup akun, selanjutnya dari grup akun itu akan di kelompokan lagi menjadi akun akun, dalam harta lancar sebagai contoh adalah kas, bank dan piutang.




Yang kedua adalah memudahkan dalam pencatatan atau menjurnal sebagai dalam sebuah transaksi, misalnya apabila terjadi transaksi pendapatan, maka memilih akun pendapatan untuk di kredit dan uang dimasukan dalam akun kas untuk di debet, sehingga memudahkan darimana di dapat dan kemana uang dimasukan, sebaliknya apabila dalam pengeluaran.

Yang ketiga adalah memudahkan dalam pelaporan, sehingga pelaporan baik neraca, laba rugi dan lain lain akan mencerminkan posisi keuangan dengan benar, uang diperoleh darimana digunakan untuk apa dan menghasilkan apa.

Ketiga hal tersebut di atas merupakan fungsi dari membuat bagan akun atau chart of account dalam akuntansi badan usaha milik desa atau bumdes.

Setiap negara memiliki standart COA ( Chart Of Account ) atau badan akun tersendiri. Dan pada dasarnya sebagaimana akuntansi, dalam membuat bagan akun dalam akuntansi bumdes atau badan usaha milik desa, dibagi menjadi 3 jenis bagan akun dalam akuntansi bumdes, yaitu:




Yang pertama adalah bagan akun atau chart of account untuk usaha bumdes di bidang jasa, dalam bidang jasa tentu tidak memuah persediaan, karena jasa tidak ada persediaan barang. Yang kedua adalah bagan akun usaha bumdes bidang dagang, dalam hal ini memiliki akun persediaan barang, karena memiliki dagangan yang dijual. Selanjutnya adalah bagan akun badan usaha milik desa yang bergerak di bidang manufaktur atau produksi, dalam hal ini selain ada persediaan ada akun tentang bahan baku, bahan setengah jadi dan bahan sudah jadi.

Di atas merupakan pemahaman akun dalam akuntansi bumdes yang perlu kita pahami, untuk itu kami akan memberikan contoh bagan akun bumdes di bidang jasa baik yang non saldo maupun ada saldo yang bisa di download di bawah ini:

  1. Contoh Bagan Akun atau Charts Of Account BUMDes Bidang Jasa Simpan Pinjam Tanpa Saldo.
  2. Contoh Bagan Akun atau Charts Of Account BUMDes Bidang Jaa Simpan Pinjam Dengan Saldo.

Apabila BUMdes anda masih belum bisa membuat akun sesuai dengan jenis usaha bumdes, kami bersedia untuk membantu mendesain akun bumdes anda sesuai dengan usaha anda, apakah di bidang jasa, dagang atau manufaktur.

Pelatihan Privat Akuntansi BUMDes




772
Bagikan manfaatkanya..
The short URL of the present article is: https://bumdes.biizaa.com/GkYQr

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *