Bagaimana Agara Produk BUMDes Dapat Dinikmati Masyarakat?.

Badan Usaha Milik Desa merupakan sebuah badan usaha milik desa yang digunakan untuk menyelesaikan masalah masalah desa dengan pendekatan korporasi atau melalui usaha ( badan usaha ) untuk mendukung pencapaian IDM ( Indeks Desa Membangun ) yang terdiri dari IKL ( Indeks Ketahanan Lingkungan ), IKS ( Indeks Ketahanan Sosial dan IKE ( Indeks Ketahanan Ekonomi ). Untuk itu Produk BUMDes harus benar benar menberikan jawaban atas masalah dan kebutuhan di Desa.

Bagaimana cara Produk BUMDes dapat dinikmati oleh Masyaakat di Desa?




 

Ada 2 hal penting yang perlu dilakukan oleh Badan Usaha Milik Desa agar Produk Desa dapat dinikmati oleh seluruh masyarakat, yang pertama adalah promosi atau publikasi, artinya baik badan usaha, pengurusa dan produk produk bumdes, baik dalam bentuk jasa maupun barang harus diketahui oleh seluruh masyarakat. Untuk itu perlu dipublikasikan atau dipromosikan. Bagaiman acara mempromosika atau mempublikasikan, badan usaha milik desa dapat merencanaka informasi tentang bumdes dan produk produknya, baik dalam bentuk liflet, brosur, selebaran atau alat alat komunikasi lain agar seluruh masyarakat tahu akan keberadaan dan produk yang dilayani oleh badan usaha milik desa.

Yang kedua adalah distribusi, distribusi adalah sebuah saluran bagaimana suatu prouk bisa diakses, dinikmati atau diterima oleh konsumen, dalam hal ini masyarakat desa. Oleh sebab itu selain memiliki tempat atau induk sebagai pusat kegiatan maupun pelayanan bumdes, perlu dibuat saluran distribusi, terutama produk perdagangan, apabila antara tempat bumdes dan masyarakat jauh, maka bisa menyediakan transportasi atau agen agen bumdes agar produk bumdes mudah untuk dibeli atau dinikmati oleh masyarakat.




Informasi, komunikasi maupun distribusi adalah kunci keberhasilan badan usaha milik desa agar produknya bisa dinikmati oleh masyarakat. Tanpa menyiapkan informasi, komunikasi dan distribusi, maka bumdes kurag efektif dalam mendukung indeks desa membangun, teruma adalah Indeks Ketahanan Ekonomi ( IKE ), termasuk akses keuangan modal, akses pasar dan akeses ekononomi lainya.

Dengan adanya sosial media ini akan lebih mudah mendukung bumdes untuk mempromosikan sekaligus mendistribusikan produk atau layanannya ke masyarakat. ( supriadi asia ).

245
Bagikan manfaatkanya..
The short URL of the present article is: https://bumdes.biizaa.com/OiWzM

admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Apa Saja Yang Perlu Dilaporkan Dalam Laporan Keuangan BUMDes?

Sen Apr 6 , 2020
Badan Usaha Milik Desa atau BUMDes merupakan organisasi usaha atau badan usaha yang di danai oleh Pemerintah Desa, oleh sebab itu perlu dipertanggungjawabkan dengan baik, terutama adalah Laporan Keuangannya. Untuk itu setiap organ BUMDes, baik pembina, pengawas dan pengurusnya perlu memahami apa saja yang perlu dilaporkan dalam Laporan Keuangan BUMDes. […]
%d blogger menyukai ini: