Apa Yang Pertama Dilakukan Dalam Rencana Usaha BUMDes?

Rencana Usaha BUMDes merupakan hal yang harus diperhatikan dalam mendirikan dan menjalankan BUMDes, karena perencanaan ini adalah langkah awal untuk menuju langkah berikutnya, yaitu pendirian dan operasional. Dengan membuat rencana usaha BUMDes yang cermat dan lengkap akan memberikan arah BUMDes sesuai dengan prinsip prinsip manajemen usaha dan tujuan pemerinah desa.

Apa saja yang terdapat dalam Rencana Usaha BUMDes?




Setidaknya ada 13 hal atau variable dalam merencanakan usaha BUMDes yang terdiri dari analisa konsumen, perencanaan produk, perencanaan distribusi, perencanaan komunikasi dengan konsumen atau masyarakat, perencanaan kegiatan apa yang dilakukan, perencanaan sumberdaya baik sumberdaya alat, sumberdaya alam atau bahan baku, sumberdaya keuangan, perencanaan mitra atau supplyer yang dibutuhkan, perencanaan struktur anggaran, perencanaan sumber pendapatan darimana saja, analisa resiko politik, ekonomi, sosial, teknologi, lingkungan dan hukum, serta perencanaan terhadap kontribusi IDM ( Indeks Desa Membangun ). Ke 11 hal tersebut merupakan satu kesatuan hal yang harus diperhatikan dalam merencanakan usah Badan Usaha Milik Desa.

Apa yang direncanakan pertama kali dalam menyusun Rencaha Usaha BUMDes?..

Kegagalan terjadi pada Badan Usaha Milik Desa, karena terbiasa dengan memulai bisnis atau usaha model lama, yaitu dimulai dari menciptakan produk, karena banyaknya sumberdaya di desa. Tetapi dikemudian hari mengalami kesulitan dalam pemasaran, dan biaya pemasaran terlalu tinggi serta biaya operasional usaha. Maka dengan begitu banyak usaha BUMDes yang gagal, karena dimulai dari produk terlebih dahulu. Itu biasa terjadi di era pertanian dan era industri. Namun di era Informasi dan Teknologi ada New Start Up Business atau memulai usaha dengan model baru, yaitu dengan menganalisa konsumen terlebih dahulu sebelum mencipatakan produk. Maka menganalisa konsumen atau masyarakat adalah langkah utama yang perlu dilakukan dalam Rencana Usaha BUMDes.

Apa saja yang dianalisa dalam Menganalisa Konsumen dalam Rencana Usaha BUMDes?




Untuk menganalisa konsumen atau masyarakat ada 3 hal, yaitu:

Yang pertama adalah menganalisa kebutuhan masyarakat atau konsumen, kita analisa kebutuhan masyarakat apa saja, baik kebutuhan barang seperti sembako, alat pertanian, alat energi dan lain lain, setelah menganalisa dan memiliki daftar kebutuhan masyarakat, kita akan analisa mana yang paling dibutuhkan oleh masyarakat, atau yang prioritas, selanjutnya kita jawab dengan produk sebagai solusi atas kebutuhan masyarakat.

Yang kedua adalah menganalisa masalah masyarakat untuk disiapkan solusinya, masalah masyarakat bisa dalam bentuk jasa maupun barang, sebagai contoh jasa adalah jasa keuangan mikro, karena selama ini masyarakat membutuhkan akses modal untuk usaha, tetapi kemana mereka mencari belum dapat. Atau karena adanya rentenir atau usaha keuangan dengan bunga tinggi, maka BUMDes dapat merencanakan usaha bidang keuangan mirko, selanjutnya memberikan pinjaman atau kredit dengan bunga murah. Dan masih banyak lagi, seperti masalah pendidikan, ketrampilan dan lain lain, dimana masyarakat bisa belajar usaha melalui BUMdes.

Yang ketiga adalah menganalisa harapan, harapan merupakan kebutuhan tersier atau bukan pokok, yang pokok adalah memenuhi kebutuhan dan menyelesaikan masalah masyarakat. Harapan ini sebagai contoh masyarakat ingin melanjutkan pendidikan tinggi atau di perguruan tinggi favorit, maka Perencanaan Usaha BUMDes dapat membuka usaha kursus atau pelatihan untuk itu. Dan masih banyak lagi harapan harapan masyarakat yang diwujudkan oleh BUMDes




Ke tiga hal tersebut diatas merupakan variable untuk menganalisa kebutuhan konsumen / masyarakat sehingga BUMDes betul betul menjadi solusi atas kebutuhan, masalah dan harapan masyarakat serta mendukung atau memberikan kontribusi atas IDM ( Indeks Desa Membangun ). ( supriadi asia ).

Kami membuka kelas online Perencanaan Usaha BUMDes dengan BUMDes Model Canvas, untuk mendaftar silahkan mengunjungi jadwal kelas online kami. di www.biizschool.comĀ 

497
Bagikan manfaatkanya..
The short URL of the present article is: https://bumdes.biizaa.com/6FaxP

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *